Referensi Kesehatan Islami dan Alami

5 Zat Berbahaya Pada Rokok Yang dapat Merusak Tubuh

Artikel terkait : 5 Zat Berbahaya Pada Rokok Yang dapat Merusak Tubuh

Rokok adalah gulungan tembakau yang dibungkus dengan kertas, daun, atau kulit jagung dengan panjang sekitar 8 – 10 cm. Rokok biasanya dihisap seseorang setelah dibakar ujungnya. Rokok ini dapat memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan jika mengkonsumsinya. Akan tetapi, dalam rokok terdapat kandungan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Adanya peringatan “dilarang merokok” yang terdapat dibungkus rokok merupakan himbauan agar dapat mengetahui bahaya rokok. Dengan adanya peringatan tersebut maka perlu diketahui dampak negatif atau bahaya dari rokok.

Terdapat sekitar 4000 bahan kimia yang terkandung dalam rokok. Ratusan merupakan zat beracun dan sekitar 70 di dalamnya bersifat kanker. Ada banyak bahan berbahaya pada sebatang rokok. Bahan dan zat berbahaya yang terkandung dalam rokok yaitu :

1. Karbon Monoksida
Karbon Monoksida dalam rokok dapat mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga dapat menghalangi pergerakan oksigen ke tubuh. Hal tersebut dapat membuat tubuh cepat lelah. Zat ini sering ditemukan pada asap dari kenalpot mobil atau motor.

2. Gas Oksidan
Gas Oksidan dalam rokok ini dapat bereaksi dengan oksigen. Adanya gas oksidan pada tubuh mampu lebih meningkatkan resiko stroke serta serangan jantung akibat penggumpalan darah.

3. Benzene
Zat ini sering dikaitkan dengan berbagai macam jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukemia. Zat benzene dalam rokok ini seperti halnya zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak yang dapat merusak sel pada tingkat genetik

4. Tar
Kandungan Tar dalam rokok ketika seseorang sedang merokok maka kandungan ini kan ikut terhisap. Zat Tar ini akan mengendap pada paru-paru dan berdampak negatif pada kinerja lapisan pada paru-paru. Padahal lapisan tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya dari paru-paru.

5. Nikotin
Ketika zat nikotin masuk ke dalam tubuh seseorang, zat tersebut dapat mengurangi kadar oksigen yang masuk ke dalam darah. Zat ini mengakibatkan kecanduan bagi para pemakainya serta dapat mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dan mempercepat pembekuan darah yang dapat memicu serangan jantung.

Selain bahan-bahan di atas, masih banyak zat-zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam sebatang rokok yang dapat merusak dan merugikan bagi kesehatan tubuh. Semoga hal ini dapat membuka banyak orang akan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz