Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Tips Cara Untuk Berhenti Merokok

Artikel terkait : Tips Cara Untuk Berhenti Merokok



Bagaimana cara untuk berhenti merokok ? cara untuk berhentu merokok bagi seseorang yang menyukai rokok, hal itu adalah sebuah hal yang konyol bagi para penyuka rokok. Hal ini dikarenakan para pecandu rokok telah menghisap sepuntung rokok yang menjadi kebiasaan sehari-harinya. Bisa diibaratkan seseorang yang makan nasi atau roti setiap harinya, merokok pun menjadi hal yang sama bagi para pecandu rokok. Setiap hari ada sepuntung rokok di mulut untuk dinikmati. Sebenarnya merokok itu kurang ada gunanya, merokok bahkan dapat diibaratkan seperti membakar uang dan menghisap asapnya.
Para pecandu rokok sebagian besar tentu merasa dirinya tidak mungkin pernah berhasil dalam berhenti untuk merokok. Oleh karena itu, disini ada beberapa tips untuk menghentikan rokok. Tips ini dapat menjadi andalan dan cukup ampuh untuk menghentikan rokok jika dilakukan dengan benar khususnya oleh para pecandu rokok. Berikut adalah tipsnya :

1. bulatkan niat dalam diri
Hal pertama yaitu membulatkan niat untuk berhenti merokok, hal ini harus datang dari diri sendiri. Cobalah pikirkan jika asap rokok telah menghancurkan banyak organ tubuh dalam, seperti jantung dan paru-paru.

2. memperbanyak minum air putih
Langkah selanjutnya yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini dikarenan dengan air putih dapat mengatasi rasa asam di mulut dan dapt menetralisir racun dalam tubuh. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih.

3. menyediakan permen karet
Bagi para pecandu rokok jika setiap kali merasa keinginan untuk merokok maka dapat digantikan dengan mengunyah permen karet karena permen karet mengandung xylitol yang secara perlahan dapat melepas ketergantungan terhadap nikotin yang ada dalam rokok

4. mengalihkan dengan berbagai kesibukan
Seorang pecandu rokok biasanya seorang pecandu rokok akan merokok jika ada waktu luang. Maka membuat kesibukan sepadat-padatnya merupakan cara yang tepat. Dengan cara ini seseorang dapat melupakan rokok pada beberapa saat.

5. bergaul dengan teman yang tidak merokok
Pergaulan akan sangat berpengaruh dengan diri ini karenan jika berteman dengan orang yang sedang merokok pasti juga terkena dampaknya seperti asap rokok yang tidak sengaja dihirup. Sebaiknya hal ini dapat dilakukan dengan membatasi dengan teman-teman yang merokok dan mencari teman yang tidak merokok

6. menetapkan tanggal dan waktu pelaksanaan untuk berhenti merokok
Menetapkan tanggal seperti ini merupakan suatu cara untuk berhenti merokok karena dapat menimbulkan semangat untuk berhenti merokok.

Demikian adalah tips cara untuk berhenti merokok yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz