Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Katarak Kongenital, mengenal katarak dan cara penanganannya

Artikel terkait : Katarak Kongenital, mengenal katarak dan cara penanganannya

Apa itu pemyakit katarak? Katarak adalah penyakit yang disebabkan oleh lensa mata mengalami kekeruhan. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, salah satunya faktor genetika. Katarak yang disebabkan oleh faktor genetika disebut faktor kongenital. Katarak ini bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Kemungkinan lain katarak muncul akibat masalah metabolisme, infeksi atau akibat diabetes.

Gejala yang Muncul
Sejak awal kita bisa mengetahui gejala yang muncul pada katarak kongenital. Misalnya pupil yang seharusnya berwarna hitam akan terlihat keruh dengan cairan putih. Cairan ini berasal dari penggumpalan protein yang terjadi di daerah lensa mata.

Katarak seringkali menyerang kedua mata namun bisa saja tingkat kondisi keduanya berbeda. Penyakit ini bisa terjadi bertahun-tahun tanpa dirasa oleh penderita, karena tidak menyebabkan sakit atau iritasi. Penderita hanya akan mengalami pengelihatan yang samar-samar dan berkabut, muncul bintik atau bercak pada saat mengalami pengelihatan yang kurang jelas.

Pengaruh Katarak pada pengelihatan:

  • Semua yang tampak oleh mata terlihat ganda
  • Mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan
  • Akan sulit melihat saat cahaya remang-remang atau kondisi terang
  • Pandangan akan terlihat semburat coklat atau kuning
  • Ukuran lensa kacamata akan sering berubah
  • Untuk melihat warna menjadi sangat tidak jelas atau memudar


Penyebab Katarak Kongenital
Katarak Kongenital adalah katarak ada sejak dalam kandungan atau setelah dilahirkan, penyebab nya bisa karena adanya infeksi atau kelainan metabolisme yang terjadi pada saat pembentukan janin.  Katarak kongenital terjadi saat pembentukan janin di tiga bulan pertama.
Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Katarak Kongenital
Coba periksakn sejak dini jika diketahui ada keluarga anda yang menderita katarak kongenital, agar bisa teratasi sejak awal.

Penanganan Katarak Bawaan
Katarak kongenital ini adalah kasus katarak yang jarang terjadi. Dilaporkan satu hingga enam kasus dalam setiap 10.000 kelahiran di Amerika serikat. WHO memprediksi katarak kongenital ini terjadi lebih besar kasusnya di negara berkembang.
Jika katarak kongenital sudah mempengaruhi pengelihatan, maka tindakan pembedahan yang di ikuti implan lensa buatan atau Intraocular Lensa tidak bisa dihindarkan. Namun tidak semua kasus katarak kongenital berakhir pada pembedahan. Beberapa ahli optik mengatakan bahwa waktu maksimal melakukan pembedahan adalah 3 minggu hingga 3 bulan sejak kelahiran.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz