Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Tips Mencegah Flu dan Masuk Angin

Artikel terkait : Tips Mencegah Flu dan Masuk Angin



Flu dan masuk angina adalah penyakit umum yang sering dijumpai pada setiap orang pada kondisi atau pada musim tertentu. Meskipun masuk angina dan flu ini berbeda, namun mempunyai gejalan yang mirip khususnya pada penyebaran dan cara penularannya.
Flu dan masuk angin sering didapati seseorang pada musim dingin atau musim hujan. Tubuh dan udara pada saat musim tersebut sedang berasa dingin dan perubahan kondisi inilah yang dapat menjadi penyebab flu dan masuk angina. Proses pergantian musim juga menjadikan hal ini melebih berat. Berikut ini adalah tips yang dapat digunakan untuk mencegah flu dan masuk angina yang berkepanjangan, yaitu :

1. tidur yang cukup
Banyak orang yang mempunyai kebiasaan untuk menunda serta mengurangi waktu untuk tidur, bai karena pekerjaan, kegiatan maupun untuk bersantai. Kurang tidur dapat menyebabkan jumlah sel T menurun serta peradangan sitokinin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan potensi masuk angina dan flu semakin tinggi. Tidur siang berpengaruh baik untuk tubuh. Jika tidak dapat tidur di malam hari, maka dapat mencoba mencari waktu untuk tidur siang. Hanya 30 menit itupun sudah bisa menyehatkan tubuh. Namun, pastikan tidak tidur berlebihan karena juga akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh.

2. mengonsumsi vitamin C
Asam askorbat dalam vitamin C dapat mengurangi kekuatan flu dan masuk angina. Hal ini juga dapat mencegah flu dan masuk angina yaitu dengan cara meningkatkan respon kekebalan tubuhnya. Banyak variasi dari produk dari vitamin C ini mulai dari tablet hingga minuman atau dapat langsung dengan makan jeruk.

3. relaksasi
Relaksasi dapat mengurangi rasa stress. Stress ini dikenal sebagai penurun dari sistem kekebalan tubuh. Relaksasi yang dapat dilakukan seperti meditasi, yoga, berlibur, bercanda dengan teman atau keluarga , membagi waktu dengan tepat, membaca buku, dan berbagai aktivitas yang dapat membuat seseorang nyaman dan santai. Mencoba untuk melakukan aktivitas yang tidak membuat pikiran, otot dan mata tegang adalah contoh relaksasi.

4. olahraga
Berolahraga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berjalan santai adalah salah satu olahraga ringan yang bagus untuk dilakukan. Upayakan untuk melakukan olahraga yang lebih berat juga seperti jogging, berlari, bersepeda dan sebagainya. Berolahraga juga harus menyesuaikan dengan porsi kekuatan dan daya tahan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

5. menghindari rokok dan alkohol
Rokok dan alkohol dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Semakin dua hal ini dikonsumsi, maka semakin menurun kekebalan tubuhnya. Hal ini dikarenakan kerentanan serta menurunnya beberaoa fungsi organ tubuh yang memberikan kontribusi pada kekebalan tubuh.

6. menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan adalah sangat penting untuk dilakukan. Penyebabran berbagai penyakit berkaitan dengan kebersihan tubuh dan lingkungan, seperti demam berdarah. Demikian juga flu dan masuk angina. Keduanya dapat menular secara langsung oleh penderita.
Demikian adalah beberapa tips untuk mencegah flu dan masuk angina yang bisa dicoba. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Demikian juga dengan flu dan masuk angin. Maka segeralah bertindak dan jangan tunggu gejala penyakit muncul baru akan bertindak. Semoga bermanfaat.






Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz