Referensi Kesehatan Islami dan Alami

6 Cara Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Artikel terkait : 6 Cara Tradisional Untuk Mengatasi Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Sakit migrain adalah sakit kepala yang biasa dialami pada sebagian sebelah kepala saja. Baik sakit kepala sebelah kanan atau sebaliknya. Hal ini dapat membuat penderita migrain mengalami sakit kepala berdenyut. Beberapa hal yang dapat memicu sakit migraine yaitu terjadinya perubahan hormone, stress, kurang istirahat, pengaruh alcohol, kurang minum, telat makan dan menghirup asap rokok.

Sakit kepala atau migrain ini terbagi menjadi dua yaitu migrain biasa dan migrain klasik. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut pada salah satu sisi kepala dengan intensitas yang berat sampai nyeri hingga semakin parah dalam melakukan aktifitas. Sedangkan migrain klasik merupakan migrain dengan gejala awalnya didahului dengan gejala yang sering disebut dengan aura.
Migrain dapat terjadi bersama dengan penyakit lain seperti asma, depresi dan penyakit lainnya. Bagi seseorang yang mengalami sakit kepala sebalah atau migraine. Terdapat beberapa obat sakit kepala sebelah tradisional yang dapat menjadi alternative dalam mengatasinya. Berikut ini adalah cara sederhana untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah atau migrain :

1. Istirahat yang cukup
Istirahat dengan cara tidur adalah cara tepat dalam mengatasi pusing karena dengan tidur dapat mengistirahatkan kerja sebagian organ tubuh dalam menjalankan aktivitas sehingga pusing akan cepat hilang dan bangun dengan segar kembali.

2. minum secangkir kopi
Kandungan kafein pada kopi dapat mengatasi sakit kepala mingrain. Namun perlu diketahui bahwa minum kopi tidak boleh terlalu berlebihan karena justru akan dapat menambah sakit kepala. Sebaiknya minum dua atau secangkir kopi setiap hari agar sakit kepala sebelah segera hilang.

3. Olahraga ringan
Olahraga dapat merenggangkan otot yang kaku yang perlu dilakukan. Pusing bisa diakibatkan karena otot kaku serta peredaran darah yang kurang lancar. Sehingga pemanasan dapat membantu agar peredarab darah menjadi lancar kembali.

4. Minum air putih
Sakit kepala bisa disebabkan karena dehidrasi. Air putih dapat menjadi obat pusing tradisional. Cukup dengan minum air putih yang cukup akan bisa mengatasi sakit kepala. Hal ini dikarenakan air putih dapat melancarkan metabolisme pada tubuh dan kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi terpenuhi.

5. Makan buah pisang
Buah pisang merupakan buah yang kaya dengan nutrisi. Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Oleh karena itu, jika mengalami sakit kepala dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang 1 hingga 2 biji. Selain itu, buah pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi jika sedang diet karena buah pisang dapat mengenyangkan tubuh dalam waktu cukup lama.

6. Makan buah semangka
Buah semangkan kaya akan air dapat mengatasi sakit kepala sebagai akibat dari dehidrasi. Oleh karena itu, buah semangka menjadi salah satu alternating solusi untuk membuat migrain atau sakit kepala sebelah menjadi cepat hilang.

Demikian adalah ulasan mengenai 6 Cara tradisional untuk mengatasi sakit kepala sebelah. Jika sudah menerapkan cara-cara di atas tapi tidak membuahkan hasil maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk memeriksa kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz