Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia

Artikel terkait : Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia


Anemia adalah penyakit dimana jumlah eritrosit nya mengalami penurunan. Anemia juga dikenal dengan istilah kurang darah. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena anemia. Bisa karena faktor keturunan, stress, terlalu lelah dan gangguan lainnya.

Ciri dan Gejala Penyakit Anemia
Berikut ada beberapa tanda seorang mengalami anemia. Namun tanda ini juga bukan termasuk tanda pasti, karena beberapa penyakit seperti HIV/Aids, kanker atau kuningan juga memiliki tanda yang serupa. Namun, dengan adanya tanda berikut anda juga bisa lebih bersikap waspada dengan kemunculannya:

Ciri-Ciri Penyakit Anemia
1. Merasa Cepat Lelah
Seseorang yang memiliki jumlah sel darah merah rendah biasanya akan merasakan cepat lelah. Jika sel darah merah berkurang maka oksidasi dalam tubuh berkurang pula. Oksidasi ini berpengaruh terhadap energi yang dihasilkan oleh tubuh dan digunakan untuk beraktivitas.
2. Pucat pada bagian dalam kelopak mata
Penderita memliki ciri yang tampak pada daerah mata. Bisa dilihat dengn cara meregangkan bagian dalam kelopak mata. Lihat dengan seksama maka akan terlihat bagian bawah berwarna pucat. Itu lah ciri-ciri penderita Anemia.
3. Mengalami Palpitasi
Palpitasi adalah gejala medis yang menunjukkan bahwa denyut jantung tidak teratur, tidak kuat dan kecepatan yang tidak teratur. Setiap penderita anemia pasti mengalaminya. Seperti yang telah dijelaskan bahwa penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh, sehingga berakibat pada peningkatan denyut jantung dan jantung berdebar tidak teratur.
4. Sakit kepala Berkepanjangan
Gejala yang sering terjadi pada penderita anemia adalah merasakan sakit kepala secara berkepanjangan. Hal ini disebabkan kurangnya suplai oksigen yang menuju otak. Sehingga penderita akan merasakan sakit pada bagian kepala seperti pusing.
5. Ujung jari berwarna putih dan pucat saat ditekan.
Salah satu ciri anemia adalah dengan melakukan tes sederhana seperti menekan ujung jari.  Pada orang normal saat ujung jari ditekan akan memerah, lain halnya dengan penderita anemia. Ketika ditekan maka akan berubah berwarna putih dan pucat.
6. Merasakan Mual
Seringkali penderita anemia merasakan mual yang sangat di pagi hari. Hal ini dikenal dengan istilah Morning sickness.
7. Sesak Napas
Penderita anemia pasti sering mengalami sesak nafas. Kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh menyebabkan penderita anemia merasakan sulit bernafas.
8. Rambut Rontok
Kurangnya pasokan oksigen pada akar rambut berakibat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Ini kerapkali dialami oleh penderita Anemia.
9. Kekebalan tubuh yang menurun
Kurangnya asupan energi membuat penderita anemia sering merasa kelelahan yang diakibatkan oleh menurunnya kekebalan tubuhnya. Sehingga penderita akan mudah sakit. Ini adaah gejala anemia selanjutnya.
10. Pucat.
Ciri aneia yang nampak langsung pada penderita adalah wajahnya nampak pucat dan terlihat kekuningan.

Pada umumnya, gejala anemia ditandai dengan beberapa ciri-ciri fisik yang nampak diatas, seperti mudah lelah, pucat, lesu, malas, dan berknang-kunang. Meskipun gejala diatas bukan gejala yang pasti namun ada baiknya jika kita mengalami gejala tersebut kita bersiap memeriksakan diri pada tenaga medis terdekat. Untuk memastikan apakah seseorang positif terkena anemia atau bukan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya pemeriksaan kadar HB.

Ada kalanya seseorang yang mengalami ciri-ciri serupa diatas bukan mengalami anemia namun darah rendah. Lain halnya dengan anemia, kondisi tubuh yang memang kekurangan kadar HB, kalau darah rendah adalah kondisi kerja jantung yang kurang kuat memompa darah sehingga membuat sirkulasi darah menjadi terganggu. Seseorang dikatakan rendah jika tekanan darahnya kurang dari 120/80.
Anemia atu darah rendah adalah penyakit yang sama-sama mengganggu kondisi tubuh. Keduanya butuh penanganan yang baik dan tepat. Pada anak-anak kondisi anemia menurunkn kecerdasan, pada ibu hamil kondisi ini berakibat fatal saat persalinan seperti pendarahan yang berujung pada kematian.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz