Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Inilah Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Artikel terkait : Inilah Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami


Radang tenggorokan dapat terjadi pada siapa saja dari anak-anak hingga dewasa. Radang tenggorokan merupakan penyakit dimana pada bagian tenggorokan mengalami iritasi, sehingga terasa sakit dan gatal. Selain itu, radang tenggorokan membuat penderita mengalami susah menelan dan suara menjadi serak. Gejala yang timbul sesaat sebelum terjadinya radang tenggorokan adalah muncul nyeri pada tenggorokan dan penyakit mulut lain, seperti gusi berdarah, sariawan, gusi bengkak dan sebagainya.
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan, seperti flu, panas dalam, dan batuk. Radang tenggorokan memiliki resiko terjadinya infeksi pada saluran pernafasan.
Sejauh ini, penyebab terjadinya radang tenggorokan adalah karena infeksi virus atau beberapa kasus ada yang disebabkan oleh bakteri, sama halnya seperti flu. Berikut akan dibahas cara menyembuhkan radang tenggorokan dari bahan alami:

1) Air garam
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli disebutkan bahwa berkumur dengan air garam membantu meredam nyeri akibat sakit tenggorokan, sekaligus memecah sekresi. Dari jaman dahulu garam juga dikenal dapat membasmi bakteri penyebab radang tenggorokan.
Dalam studi lainnya yang dilakukan oleh University of Puget Sound disebutkan dikatakan bahwa air garam denan komposisi 1/2 sdt garam dan segelas air hangat mampu mengurangi pembengkakan sekaligus membersihkan tenggorokan dari berbagai bakteri.

2) Madu
Madu memiliki banyak khasiat. Salah satunya menghentikan radang tenggorokan. Banyak resep yang bisa diterapkan. Misalnya Madu yang dicampur dengan teh, jus lemon dicampur dengan teh. Kedua resep ini dipercaya sejak dahulu kala untuk dijadikan obat dalam mengatasi radang tenggorokan.

3) Peppermint
Peppermint sudah banyak digunakan orang untuk melegakan tenggorokan dan membuat nafas menjadi segar. Menurut penelitan bahwa semprotan minyak peppermint dapat meredakan sakit tenggorokan. The University of Maryland Medical Center telah meneliti bahwa peppermint mengandung senyawa mentol dipercaya dapat mengencerkan lendir, menenangkan tenggorokan dan meredakan batuk.

4) Wortel Rebus
Wortel salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi sepeti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kandungan potasium dan serat. Bagi anda yang mengalami radang tenggorokan alangkah lebih baiknya di rebus terlebih dahulu agar tekstur nya lebih lunak.

5) Teh chamomile
Bunga chamomile yang dijadikan teh masih terdengar awam di telinga masyarakat Indonesia. Saat ini teh Chamomile banyak terdaat di pasar tradisional. Resep berikutnya menggunakan teh chamomile sebagai obat radang tenggorokan secara alami. Caranya, campurkan 1 atau 2 gelas air mendidih dengan 1 sdm bunga chamomile kering di dalam wadah. Aduk hingga rata dan tunggu sampai suhunya hangat. Gunakan handuk kemudian usap pada leher hingga sakit mereda.

6) Pisang
Buah Pisang mempunyai tekstur yang lembut sehingga membuat buah ini mudah ditelan, salah satunya untuk orang yang mengalami sakit tenggorokan. kandungan gizi pisang banyak diantaranya mengandung vitamin B6, Vitamin C dan juga kalium sehingga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

7) Teh Jahe
Lebih Teh jahe sudah dikenal mampu meredakan sakit tenggorokan. Minuman tersebut mencegah terjadinya iritasi sehingga menjadikan tenggorokan lebih nyaman.

8) Istirahat
Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan paling ekonomis adalah dengan beristirahat. Dengan mengawalkan tidur malam dan melakukan tidur siang secara otomatis dan  efisien bisa meredakan sakit tenggorokan.

Radang bukan penyakit yang mengharuskan anda beristirahat sepanjang hari di tempat tidur. Namun rasa nyeri, tidak nyaman dan gatal seringkali mengganggu aktivitas anda. Sehingga harus cepat ditangani agar tidak terlalu lama merasakan sakitnya. Semoga home treatment di atas bisa diterapkan untuk mengobati radang tenggorokan anda yang menyiksa. Namun, jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda berkunjung ke dokter sehingga akan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz