Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Bagini Pola Hidup Sehat Demi Menjaga Kesehatan Paru-paru

Artikel terkait : Bagini Pola Hidup Sehat Demi Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru adalah organ yang berperan utama dalam sistem pernafasan. Fungsi utamanya adalah melakukan proses penukaran oksigen dengan karbondioksida. Proses ini lebih dikenal dengan proses bernafas. Paru-paru juga berperan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.
Paru-paru adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, sehingga sangat penting mengetahui cara menjaga kesehatan paru-paru agar dapat bekerja lebih optimal. Berikut adalah beberpa cara yang bisa dilakukan:

  1. Mempelajari cara bernafas dengan baik

Jika anda seseorang yang mengalami kesulitan dalam bernafas atau gangguan pernafasan maka anda bisa mempelajarinya dari orang ahli seperti terapis atau dokter. Ini dilakukan agar anda mengetahui bagaimana cara bernafas yang baik dan benar.
2. Minum air putih secukupnya
Air putih kaya akan oksigen yang akan membuat paru-paru bekerja lebih optimal. Air putih juga bisa membersihkan kotoran atau lendir yang ada pada paru-paru.  Sehingga disarankan minum air putih 8 gelas per hari.
3. Lakukan olahraga secara rutin
Melakukan olahraga dengan rutin bisa mengencangkan otot-otot dan melatih pernafasan. Tidak harus melakukan olahraga yang berat cukup olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging setiap pagi dan sore hari. Yang terpenting lakukanlah dengan rutin.
4. Mengkonsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung banyak antioksidan akan sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak terutama lemak jenuh. Pastikan makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang memiliki gizi seimbang.
5. Hindari Gaya Hidup merokok
Bukan rahasia umum bahwa seorang perokok aktif akan beresiko terkena penyakit paru-paru. Namun seorang perokok pasif memiliki resiko 2x lebih besar dibandingkan perokok aktif. Karena paparan asap rokok yang mengandung racun sebagian besar dikeluarkan oleh perokok aktif dan dihirup oleh perokok pasif. Hal ini membuat kerja paru-paru lebih berat.
6. Menjaga berat badan ideal
Obesitas atau kelebihan berat badan menimbulkan berbagai penyakit seperti kolesterol, teknan darah tinggi, paru-paru dan jantung. Badan yang lebih gemuk membuat kerja paru-paru dan jantung lebih berat. Hal ini dikarenakan badan yang terlalu gemuk membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Jagalah berat badan anda supaya lebih ideal agar anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
7. Hindari makanan atau minuman yang bergas
Makanan atau minuman yang bergas adalah makanan dan minuman yang mengandung gas karbondioksida. Bisa dibayangkan ketika gas yang harus dikeluakan malah dimasukkan dalam tubuh maka apa yang terjadi? Kerja paru-paru akan lebih berat. Makanan dan minuman yang bergas seperti minuman bersoda, alkohol, kubis, brokoli, nangka, melon, lobak, bawang merah, timun, kol dan lainnya. Makanan bergas membuat nafas menjadi tidak enak.
8. Hindari terkena zat klorin secara langsung
Paparan zat klorin akan membuat kinerja paru-paru lebih berat dibandingkan biasanya. Zat klorin tidak hanya berasal dari makanan namun bisa juga dari air PDAM. Oleh sebab itu, gunakan penyaring pada kran air agar klorin tidak ikut terbawa.
9. Hindari makan makanan dan minuman yang dingin
Sebagian besar menyukai makanan dan minuman yang dingin, namun tahukah anda bahwa makanan yang dingin bisa membekukan pembuluh darah. Ternyata paru-paru kita sensitif terhadap suhu dingin. Jadi disarankan mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat.
10. Mengurangi makanan yang menyebabkan lendir di paru-paru
Makanan yang mengakibatkan penumpukan lendir adalah makanan yang banyak sekali mengandung gula seperti permen dan coklat. Lendir ini akan menempel pada paru-paru. Hal ini yang akan menyebabkan penyakit paru-paru kronis
11. Jagalah tubuh  agar tidak stress
Paru-paru erat kaitannya dengan emosi manusia. Ketika anda sedih, stres, marah akan mempengaruhi ketidakstabilan hormon pada paru-paru.
12. Bernafaslah dengan hidung
Ara yang masuk ke paru-paru lebih bersih. Hal ini dikarenakan pada hidung ada bulu hidung yang berfungsi menyaring udara yang msuk dari kotoran. Jika anda terbiasa bernafas dengan mulut maka mulai saat ini rubahlah kebiasaan anda. Bernafas menggunakan hidung ternyata lebih sehat dibanding dengan mulut.
13. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3
Makanan omega 3 tinggi bisa menjadi obat bagi penderita bronchitis atau asma. Makanan ini seperti minyak ikan.
14. Konsumsi makanan bervitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C lebih sehat karena mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu memperbanyak supplai oksigen ke seluruh tubuh.
15. Konsumsi Bawang putih
Bawang putih sudah dikenal sebagai antibiotik alami. Maka tak heran jika konsumsi bawang putih baik untuk kesehatan. Bawang putih kaya akan zat acilin yang mana zat tersebut bisa menghilangkan infeksi dari paru-paru.
16. Konsumsi buah
Disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru seperti berry, apel, anggur dan delima.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz