Referensi Kesehatan Islami dan Alami

Wajib anda Mengenal Penyakit Lupus sebelum terlambat

Artikel terkait : Wajib anda Mengenal Penyakit Lupus sebelum terlambat

Penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Jadi seolah menganggap bahwa jaringan yang ada di dalam tubuh sadalah benda asing, sehingga bereaksi pada bagian organ tubuh lain seperti sel darah, jaringan pembuluh darah, kulit, otot, sistem saraf, ginjal, tulang, lapisan yang berada pada paru-paru, pencernaan pencernaan, sistem kardiovaskuler, mata dan otak.

Apa itu Penyakit Lupus?
Secara garis besar ketika seorang dikatakan terkena lupus, artinya tubuh orang tersebut bereaksi alergi terhdap tubuhnya sendiri. Penyakit Lupus ini sering diberi julukan “Penyakit Seribu wajah” karena gejala yang ditimpulkan penyakit ini hampir sama dengan gejalapenyakit lainnya. Sehingga untuk memvonis apakah si penderita mengidap penyakit Lupus atau tidak diperlukan analisis mendalam. Kalau ditinjau dari ilmu Imunologi, penyakit Lupus itu adalah penyakit yang berkebalikan dengan kanker atau HIV/AIDS.

Apa itu Penyakit Lupus?
Prof. Dr. Zubairi Djoerban ahli penyakit dalam RSCM (Rumah Sakit Cipto mangunkusumo) menjelaskan bahwa penyakit lupus ini merupakan penyakit bisa di kategorikan sebagai penyakit kronis penderita Lupus, produksi antibodi nya tidak berjalan normal karena bukannya menyerang virus, bakteri maupun kuman malah menyerang jaringan dan sel dalam tubuh penderita. Penyakit lupus disebut autoimmune disease yaitu penyakit dengan imunitas yang berlebihan.

Cara Menjaga Kesehatan
Walaupun penyakit lupus penyakit yang susah didiagnosa, namun ada beberapa gejala umum penderita yang terlihat seperti bagian wajah dan lengan keluar bercak-bercak merah. Selain itu, penderita akan merasakan lelah berkepanjangan, kenaikan suhu badannya, rambut yang mengalami kerontokan, pembengkakan persendian dan sariawangejala tersebut hanya gejala yang nampak di awal dan  butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan benar penderita mengidap Lupus agar bisa ditangani lebih serius sedari awal.

Penanganan yang tepat untuk penderita Lupus adalah dengan mmenuhi gizi asupan tiap harinya, meminum obat secara teratur, olahraga ringan harus tetap dilakukan walau jangan sampai mengalami kelelahan yang sangat. Istirahat yang cukup dan hindari stress.

Artikel Cara Sehat 165 Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Cara Sehat 165 | Design by Bamz